Strategi Pemasaran Online

Apa Saja Strategi Pemasaran Online agar Bisnis Semakin Lancar?

Saat ini, strategi pemasaran yang dilakukan oleh beberapa perusahaan ataupun pengusaha UMKM tidak hanya terbatas pada strategi pemasaran yang dilakukan secara offline. Mereka mulai merambah strategi pemasaran yang bisa dilakukan dengan cara online.

Strategi pemasaran online memiliki banyak manfaat kepada perusahaan. Salah satunya adalah tidak ada batasan ruang dan waktu. Dengan menggunakan jaringan internet, perusahaan atau UMKM dapat memasarkan produk atau jasa mereka secara bebas dan kapanpun. Mereka tidak perlu datang ke suatu tempat pada jam tertentu untuk memasarkan produk mereka secara langsung. Selain itu, para pembeli atau pengguna jasa juga bisa mengetahui atau berkunjung pada produk mereka kapanpun. Mereka dapat dengan mudah memilih mana produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain itu, strategi pemasaran yang dilakukan secara online juga dapat menghemat biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan atau UMKM. Umumnya, jika strategi pemasaran dilakukan secara offline, maka perusahaan harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak seperti biaya percetakan pamflet, biaya transportasi, maupun biaya karyawan yang ditugaskan untuk melakukan pemasaran secara offline. Perusahaan atau UMKM dapat memanfaatkan marketplace yang ada untuk menawarkan produk mereka. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan layanan dari beberapa website gratis yang memungkinkan perusahaan untuk memajangkan foto dan detail produk atau jasa mereka. Atau bisa langsung anda gunakan jasa https://wasabicary.net, sebagai target promo premium anda, dimana anda langsung mendapatan sebuah service promo untuk toko online anda dan mampu di jangkau luas oleh seluruh customer di seleuruh dunia.

Dengan menggunakan strategi pemasaran menggunakan website, perusahaan atau UMKM juga bisa melakukan riset pasar mengenai produk apa yang digemari oleh pembeli. Mereka bisa melihatnya dari kata kunci yang sering dituliskan oleh para pembeli pada website mereka. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi perusahaan atau UMKM untuk dapat mengembangkan produk yang sesuai dengan pasar yang ada. Lantas, bagaimana caranya untuk melakukan strategi pemasaran online dengan baik?

Macam-Macam Strategi Pemasaran Online

Strategi Pemasaran Online

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk strategi pemasaran dengan cara online. Salah satunya adalah dengan menggunakan content marketing. Perusahaan atau UMKM dapat membuat sebuah artikel yang berisi informasi produk secara mendetail. Selain itu, gambar produk juga lebih baik disertakan dalam artikel tersebut sehingga pembeli dapat mengetahui gambaran nyata tentang produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Selain dengan menggunakan artikel, perusahaan juga bisa membuat content writer  dengan menggunakan video yang berisi grafis dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Mereka juga bisa membuat beberapa konten berisi informasi yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Strategi pemasaran online lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Ketika suatu perusahaan menggunakan SEO, maka kesempatan produk mereka untuk dapat tampil di halaman pertama pencarian di internet akan semakin meningkat. Hal ini tentu saja akan menguntungkan perusahaan karena mereka bisa menggaet pembeli yang cenderung memeriksa halama pertama dalam pencarian di internet. Biasanya, SEO diberikan dalam beberapa buat keyword yang harus ada pada artikel yang dimuat di website perusahaan.

Selain dengan menggunakan SEO, perusahaan atau UMKM juga bisa mendesain website mereka agar lebih user friendly kepada pengguna yang sering menggunakan smartphone. Mereka bisa mendesain website mereka dalam dua tampilan yaitu tampilan website dengan PC dan website pada smartphone. Hal ini dikarenakan banyak pembeli yang lebih sering mengakses website dengan menggunakan perangkat smartphone. Strategi pemasaran ini dinamakan dengan mobile marketing.

Continous Marketing merupakan salah satu macam strategi pemasaran online yang menggunakan media sosial sebagai platform untuk mempromosikan produk. Perusahaan bisa membuat akun di beberapa medial sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dll. Setelah itu, mereka bisa memasarkan produk mereka pada akun – akun tersebut. Dengan begitu, perusahaan dapat melakukan pemasaran sekaligus riset pasar mengenai animo dan respon pembeli terhadap produk yang mereka tawarkan. Perusahaan juga dapat membuat analisa mengenai komplain yang diberikan oleh pembeli karena biasanya pembeli lebih besar menyuarakan opini mereka melalui sosial media.

E-mail marketing bisa jadi salah satu cara yang dilakukan untuk memasarkan produk secara online. Perusahaan akan mengirimkan email tentang produk yang ditawarkan kepada email pembeli yang sebelumnya melakukan transaksi terhadap perusahaan. Akan tetapi, cara ini bisa jadi salah satu cara yang tidak disukai oleh konsumen karena email yang masuk biasanya akan masuk pada kategori spam.

Tips dalam Menjalankan Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran Online

Agar bisa melakukan strategi pemasaran dengan baik, setiap perusahaan atau UMKM harus membuat sebuah konsep yang jelas mengenai strategi pemasaran yang mereka lakukan. Salah satunya adalah urutan mengenai strategi pemasaran mana yang harus dilakukan.

Selain itu, konten yang ditampilkan juga harus terkonsep dan menarik pembeli. Hal ini akan memudahkan pembeli untuk dapat tertarik dan memilih produk dari perusahaan. Kreativitas dan inovasi yang ditampilkan oleh perusahaan setiap proses pemasaran menjadi salah satu poin penting dalam keberhasilan pemasaran.